Ternyata Matematika itu Asyik lhoo
Padahal sejak jaman baheula, jaman kuda gigit batu (kapan tuh?
Malam ini pas kebagian pelajaran matematika diskret, yang katanya matematika yg diset buat anak teknik, karena gak mengenal hitung2an pecahan, semua nya gelondongan bilangan bulat. Pas pertama masuk berasumsi wah enak klo hanya bilangan bulat, tapi saat kuliah mulai lah keluar materi yg awalnya hanya himpunan domain dan kodomain, memasangkan bilangan asal dan bilangan lawannya, seperti yg di implementasikan oleh pakdeKing, tapi berikutnya mulailah terasa ada yg aneh berat, materi sambung menyambung tentang himpunan sederhana sampe yg komplek, membuat asumsi-asumsi dan melakukan pengecekan kebenarannya (kayak programming jadinya ).
Saat masuk materi Induksi Matematika (makanan apa pula ini) terlihat teman2 mulai gelisah dan mengerutkan kening pusing padahal saya juga . dan sang dosenpun nyadar kondisi dan langsung… tarraa…. memberikan intermezzo ato selingan, mo tahu? ini selingannya :
ada soal matematika sederhana yg diminta diselesaikan dalam 10 detik :
- 452
- 652
- 752
- 352
ada yg bisa mengerjakan soal diatas?? saya awalnya sih duh masak intermezzo kok kayak gini… malah tambah pusying dong ya… :cappe dech: dan kamipun menyerah ngantuk . dan sang dosen pun membuka rahasianya :
dan ternyata oh ternyata setelah diliat cara penghitungannya simple sekali dan amazing.. sangat gampang (buat yg bisa).
kita coba jawab no 1 ya..
- 452
maka langkah yg dilakukan adalah :
- 4x(4+1) = 20 dan 5×5 = 25 maka jawabannya adalah : 2025, hmm.. simple khan.. dan begitu juga yg kedua
2. 652
- 6x(6+1) = 42 dan 5×5 = 25 hasilnya : 2455 dan seterusnya
, dicoba sendiri ya.. dan dasarnya emang harus tahu perkalian satuan
dan berlaku untuk semua perkalian dengan akhir angka lima
trus nak soal hitungan satuan aja gak nguasai? jangan khawatir, kita pake aja trik 10 jari kita, syarat diatas perkalian 5×5, bagaimana caranya? :
misalkan kita mo cari hasil 6×7 dengan cara menggunakan jari.. maka tangan kanan misal buat ngitung angka 6, mulai dari 1 tekuk jempol, 2 dan seterusnya sampe 5 brarti semua jari menekuk dan itungan keenam brarti 1 jari di acungkan , begitu juga buat tangan kiri… seperti tangan kanan.. tp karena 7 maka yg ngacung ada dua jari, lalu langkah berikutnya? adalah menambahkan yg ngacung : 1+2 = 3, lalu mengalikan jari yg menekuk :3×4 = 12, nah untuk hasilnya angka puluhan jari menekuk (1) ditambah dengan angka jari ngacung (3) :1+3=4, dan hasilnya digabungkan dengan angka 2 nya jd hasilnya =42, benar bukan? ahhh terlalu simple ini mah.. yaps mungkin simple bagi kita yg udah tahu, tp buat adik2 kita? anak kita yg dipaksa matematika dengan ngitung jumlah tusuk sate?? pastinya sangat berguna
dan bisa di implementasikan sampe perkalian 10.
dan ada juga menghitung perkalian dua bilangan yg mendekati angka 100, misalnya kita ketemu perkalian 96×97=?? maka langkah yg bisa dilakukan adalah :
kita jadikan default 100 untuk dikurangi bilangan tersebut jadinya :
- 100-96 = 4
- 100-97 = 3
lalu menghitungnya gimana? 96 - 3 = 93 dan hasil dari mengurangi 100 tadi (3 dan 4 ) dikalikan :3×4 = 12, maka hasilnya : 9312…
duh kok malah kayaknya njlimet? klo iya silahkan hubungi pakdeKing lagi
http://dobelden.wordpress.com/2007/11/16/ternyata-matematika-itu-asyik-lhoo/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar