Rabu, 22 April 2009

Matematika Is Very Good

Matematika Is Very Good

Bertahun-tahun sampai saya menjadi seorang guru matematika, operasi matematika saya anggap adalah operasi yang biasa dalam matematika. Tapi setelah saya menghadiri beberapa seminar dan membaca beberapa buku yang tidak ada hubungannya dengan matematika. Saya justru kembali teringat akan hukum-hukum dasar matematika , seperti soal dibawah ini.

(10x(14-(5+3)))
Bentuk soal diatas sewaktu kita SMP bukanlah hal yang asing. Guru saya sewaktu SMP mengatakan untuk mengerjakan soal seperti diatas harus didahulukan adalah menghitung tanda kurung yang paling dalam (5+3)=8 lalu tanda kurung berikutnya (14-(5+8))=6 dan tanda kurung berikutnya (10x(14-(5+3)))=60

Dalam pengerjaan soal diatas dikatakan harus didahulukan menghitung tanda kurung yang paling dalam lalu ke tanda kurung yang berikutnya, ini artinya untuk mengerjakan atau memperbaiki lingkungan sekitar kita, harus terlebih dahulu mengerjakan atau memperbaiki apa yang paling dalam yaitu diri kita. Setelah kita memperbaiki apa yang ada dalam diri kita baru kita bisa lanjutkan ke kurungan berikutnya mungkin keluarga, teman, lingkungan kerja, lingkungan rumah mungkin sampai ke lingkungan Negara.
Mari kita perbaiki diri kita masing-masing…
Ini salah satu bukti bahwa hukum-hukum di matematika bukan hanya untuk hitung-hitung.
Mungkin ANDA punya pemikiran yang berbeda, utarakan saja…

sumber:
http://defantri.blogspot.com/2009/04/perbaiki-diri-kita-masing-masing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar